Anbu

| Sabtu, 10 November 2012
ANBU

ANBU (
暗部; Inggris (TV) "ANBU Black Ops"; Secara harfiah berarti "Sisi Hitam"), singkatan dari ANsatsu senjutsu tokushu BUtai (暗杀戦术特殊部队; Secara harfiah berarti "Skuad Khusus Pembunuhan dan Taktik"), menerima perintah langsung dari Kage , melakukan misi khusus tingkat tinggi, seperti pembunuhan dan penyiksaan. Para ANBU biasanya bekerja dalam tim yang terbentuk sesuai misi yang akan dijalankan, untuk memastikan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi. Shinobi di ANBU dipilih langsung oleh Kage; dipilih menurut kemampuan individu dan keterampilan khusus. Usia, jenis kelamin, latar belakang, atau ninja rank sebelumnya tidak berpengaruh dalam keputusan ini. Anggota juga dapat meninggalkan organisasi ini, seperti yang Kakashi lakukan untuk alasan yang tidak diketahui, memilih kembali menjadi Jōnin, tapi dia tetap memiliki link / ikatan yang kuat dengan ANBU. ANBU selalu mengenakan topeng mereka bahkan saat berada di desa mereka sendiri, identitas mereka sebagai ANBU hanya diketahui oleh para tetua desa dan
Kage saja. Kecuali ANBU Root Konoha, yang berada dibawah perintah Danzo, bukan Hokage.

Disini nampaknya tidak ada tingkatan rank dalam struktur ANBU, tidak seperti dalam Angkatan Reguler, yang dibedakan kedalam beberapa tingkatan seperti Genin, Chunin, Jonin, dan lainnya. Pemimpin tim dan struktur anggota tim tampaknya akan dipilih dengan didasarkan pada prestasi dan pengalaman para ANBU tersebut. Para pemimpin tim disebut "Pemimpin Pasukan" (分队长, Buntaichō), posisi yang sangat dihormati dalam ANBU.

Seragam ANBU
ANBU memakai topeng berbentuk hewan untuk membedakan diri dari shinobi "normal" dan untuk menyembunyikan identitas mereka. Mereka juga memiliki seragam standar yang terdiri dari rompi pelindung hitam dan abu-abu, besi pelindung lengan, sarung tangan, sepatu/sandal ninja dengan paku jika bepergian ke daerah pegunungan, tiga kantong peralatan ninja di belakang pinggang mereka, dan tato ANBU di bahu mereka. Beberapa ANBU memakai jubah hitam di luar seragam standar mereka, sedangkan pemimpin pasukan biasanya mengenakan jubah putih. Kebanyakan ANBU membawa pedang, yang biasanya diikatkan di belakang punggung mereka.

Tujuan
Tato ANBU
ANBU berada di bawah kontrol langsung dari Kage mereka, dan karena itu tidak dapat ditangkap oleh pasukan polisi reguler tanpa surat perintah. Mereka melindungi desa dari ancaman besar, melakukan misi berisiko tinggi ke wilayah musuh, dan menghadapi ninja yang sangat kuat. Mereka juga bertanggung jawab melakukan pembunuhan, pelacakan, pengawasan, dan misi yang membutuhkan ninja khusus yang terlatih. Beberapa ANBU bisa ditugaskan sebagai interogator yang menyelidiki pikiran ninja musuh untuk mempelajari informasi berharga tentang desa mereka. Jika seorang ANBU terluka parah dalam pertempuran, mereka diwajibkan untuk menghancurkan tubuh mereka untuk mencegah informasi tentang apa saja yang mereka ketahui jatuh ke tangan musuh.


ANBU Root Konoha
Di Konohagakure, ada cabang khusus ANBU yang dikenal sebagai "Root". ANBU itu diciptakan dan dipimpin oleh Danzō, yang mengirim anggotanya pada misi yang ia percaya akan menguntungkan Konoha. Anggota root dilatih untuk mematikan semua bentuk emosi, untuk mengikuti perintah Danzō tanpa ada suatu ertanyaan lagi. Anggota root juga memiliki segel yang terletak di lidah mereka. Segel ini mencegah anggota ANBU Root berbicara tentang Danzō dan Root keada orang diluar Root. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa, jika ada anggota yang meninggalkan Root atau tertangkap, informasi mengenai Root tidak akan bocor. Selama invasi Pain di Konoha, Danzō menginstruksikan Root untuk tidak membantu pertahanan desa.

Hunter-nin
Kirigakure
Kirigakure juga memiliki cabang ANBU khusus mereka sendiri, yang dikenal sebagai "Hunter-nin". Mereka hanya memburu para missing-nin dan membunuh mereka, kemudian mengambil kepala si missing-nin sebagai bukti, setelah itu mereka menghancurkan tubuh si mayat missing-nin untuk memastikan tidak ada informasi yang bisa jatuh ke tangan musuh. Karena tugas mereka, mereka diberi kode sebagai "Undertaker Squad". Mengetahui diri mereka sendiri menyimpan banyak informasi berharga tentang negaranya, jika mereka terluka parah atau di ambang kematian, mereka akan mengambil tindakan untuk menghancurkan tubuh mereka sendiri.

ANBU memiliki pengetahuan terperinci tentang tubuh manusia, dan dapat menggunakan teknik seperti Kanashibari no Jutsu dan Jigyaku no Jutsu untuk mengambil keuntungan dari itu semua.

Dalam Naruto Shippuden 3: Inheritor of The Will of Fire, salah satu ANBU terlihat membawa seekor merpati di bawah juahnya, sebagai sarana komunikasi.

Trivia:
1. Dalam Naruto: Clash of Ninja Revolution 2, alur cerita didasarkan pada ANBU.
2. Para anggota ANBU "Root" tampaknya tidak memiliki tato ANBU di pundak mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲